Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, akan melakukan uji coba pengembangan tanaman bawang di lahan gambut di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko.

"Rencana mau mulai membuat uji coba pengembangan tanaman bawang di lahan gambut daerah ini," kata Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko Elxandi Utria Dharma di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan hal menindaklanjuti hasil pembahasan dengan pihak Kepolisian Resor Mukomuko terkait kerja sama pengembangan tanaman bawang di lahan gambut di wilayah tersebut.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah setempat menjalin kerja sama dengan Kepolisian Resor setempat selain untuk mengatasi masalah lahan gambut yang selama ini tidak dimanfaatkan serta untuk mencegah pembukaan kebun di lahan gambut dengan cara dibakar.

Kemudian, katanya, pihak Kepolisian Resor setempat selain melakukan penegakan hukum sekaligus memiliki peran dan kontribusi untuk menjaga ketahanan pangan di daerah ini.

Selanjutnya, kata dia, pihak Kepolisian Resor setempat yang akan menyiapkan lahan gambut yang akan diolah menjadi lahan untuk pengembangan tanaman bawang merah di daerah ini.

"Rencananya dalam Minggu ini kita mulai melakukan pengolahan lahan gambut untuk dijadikan lokasi uji coba pengembangan tanaman bawang merah," kata dia.

Ia mengatakan, supaya lahan gambut di daerah tersebut subur, instansinya akan melakukan pengolahan lahan gambut tersebut sepenuhnya menggunakan bahan bahan alami untuk membuat pupuk organik.

"Kita coba kembangkan tanaman bawang merah agar daerah kita ini bisa menjadi sentral bawang ke depan.  Makanya saat ini kita akan melakukan uji coba memanfaatkan lahan gambut yang masih banyak kosong di daerah ini," ujarnya pula.

Ia mengatakan, kalau lahan gambut ini bisa diolah menjadi lahan tanaman bawang apalagi menggunakan bahan organik,  maka kegiatan ini bisa menjadi inovasi sendiri bagi daerah ini," katanya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023