Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bengkulu melakukan pembangunan drainase di 19 lokasi, sebab sebagai upaya pencegahan banjir di wilayah tersebut.
 
Pembangunan tersebut dilakukan di kawasan Kelurahan Jembatan Kecil, Cempaka Permai, Lempuing, Pagar Dewa, Kebun Tebeng, hingga kawasan Kelurahan Lempuing. 
 
"Pembangunan drainase tersebut diharapkan dapat mencegah penyebab banjir di Kota Bengkulu," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Bengkulu Yosef Feri di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Ia menyebutkan, pembangunan tersebut akan diselesaikan sesuai target yang sudah dibuat yaitu 90 hari kerja tepatnya sebelum Desember atau akhir November 2023.
 
"Mudah-mudahan tidak ada halangan cuaca dan halangan lain, sehingga kegiatan ini bisa selesai seperti yang diharapkan. Adapun kegiatan ini pada umumnya melanjutkan kegiatan-kegiatan sebelumnya terkait dengan drainase di pemukiman warga," ujarnya.
 
Usai dibangunnya drainase tersebut, masyarakat diimbau untuk rutin untuk membersihkan aliran drainase guna mencegah terjadinya musibah banjir akibat saluran yang tersumbat. 
 
Berdasarkan pemantauan, banyak drainase di perumahan yang tersumbat akibat kurangnya kesadaran warga setempat menjaga lingkungannya. Sehingga timbulnya resiko banjir di saat curah hujan tinggi.
 
"Sebab drainase memiliki peran yang sangat penting di kawasan berpenghuni. Sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada," jelas Yosef.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melakukan perbaikan, pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur seperti jalan dan drainase yang ada dengan total 22 titik jalan di wilayah tersebut.
 
Sebanyak 22 titik jalan tersebut saat ini ada yang sedang dikerjakan, ada juga yang masih proses lelang. 
 
Perbaikan 22 titik jalan tersebut dilakukan setelah Pemerintah Kota Bengkulu menganggarkan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp Rp93 miliar untuk melakukan perbaikan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan Kota Bengkulu.
 
Lanjut Denny, dengan dana tersebut, Pemerintah Kota Bengkulu saat ini tengah fokus melakukan membangun beberapa titik jalan utama dalam kota, pembangunan ini seperti pelebaran jalan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023