Kepolisian Resor Mukomuko, Bengkulu mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam saat pergantian musim dari kemarau ke hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Kasat Binmas Polres Mukomuko Iptu Agus Sulaiman dalam keterangan di Mukomuko, Rabu, mengatakan dalam Operasi Bina Karuna Nala 2023, institusinya mengajak masyarakat waspada terhadap bencana, khususnya mereka yang tinggal dan menetap berdampingan dengan sungai.

“Operasi Bina Karuna Nala 2023 ini fokus menyampaikan imbauan dan sosialisasi ke masyarakat agar mereka meningkatkan kewaspadaan dengan bencana alam," ujarnya.

 
Ia mengatakan bencana alam dapat datang kapan saja di daerah ini sehingga perlu kesiapsiagaan masyarakat.
 
Selama tujuh hari Operasi Bina Karuna Nala 2023 di daerah ini, katanya, personel satuan binmas dan polsek jajaran mendatangi beberapa lokasi, di antaranya menyambangi masyarakat yang bertempat tinggal dekat sungai untuk memberikan sosialisasi kewaspadaan tersebut.
 
Sasaran kegiatan ini, katanya, masyarakat yang berada di lingkungan rawan banjir dan tanah longsor.
 
"Lokasi yang rawan bencana alam di wilayah ini kami datangi. Kami mendatangi sejumlah wilayah ini guna menyampaikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada dan siaga terhadap bencana alam yang bisa datang kapan saja," ucapnya.
 
Selain itu, pihaknya menyarankan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai karena dapat menyebabkan saluran air tersumbat dan luapan banjir.

Pihaknya juga mengajak masyarakat bergotong royong membersihkan aliran air di sekitar pemukiman untuk mencegah banjir.

Personel Satuan Binmas Polres Mukomuko juga memberikan imbauan melalui pemasangan brosur di berbagai tempat di sejumlah wilayah setempat terkait dengan kewaspadaan bencana alam.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023