Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menerima 312 orang relawan pemadam kebakaran atau redkar yang akan membantu penanganan peristiwa kebakaran di wilayah itu.

"Pada pertengahan Desember ini kita menerima redkar sebanyak 312 orang yang tersebar di 156 desa dan kelurahan di Rejang Lebong," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rejang Lebong Fery Najamudin di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan, perekrutan relawan pemadam kebakaran tersebut dibiayai anggaran bantuan Pemprov Bengkulu, di mana setiap desa/kelurahan akan ada dua orang relawan.

Penerimaan relawan pemadam kebakaran itu, kata dia, diusulkan oleh masing-masing desa dan kelurahan. Para relawan ini selain akan mendapatkan pelatihan dasar penanganan pertama kebakaran juga akan dilengkapi dengan seragam, surat tugas dan lainnya.

"Mereka ini setidak-tidaknya bisa menjadi penyampai informasi jika di wilayahnya terjadi peristiwa kebakaran ke Mako Damkar Rejang Lebong atau Pos Damkar kecamatan," terangnya.

Saat ini Damkar Rejang Lebong sudah memiliki 120 personel yang disiagakan dalam lima pos, yakni pos utama di Markas Damkar Rejang Lebong di Jalan S. Sukowati Curup, dengan jumlah armada sembilan unit.

Kemudian empat pos lainnya di Kecamatan Sindang Kelingi, Padang Ulak Tanding, Kota Padang, dan Bermani Ulu Raya. Di masing-masing pos kecamatan ini ditempatkan satu armada pemadam kebakaran.

Perekrutan relawan pemadam kebakaran di Kabupaten Rejang Lebong ini diharapkan akan membantu penanganan kejadian kebakaran di kawasan pemukiman maupun lahan dan hutan di wilayah itu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023