Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bengkulu menyerahkan bantuan berupa sembako kepada 3.500 janda dan duda yang lanjut usia atau lansia tidak mampu di wilayah tersebut.
 
Ketua Baznas Kota Bengkulu Habib Abdurahman Alkaf menerangkan bantuan yang diserahkan tersebut merupakan program Baznas Kota Bengkulu untuk janda duda lansia miskin yang berasal dari zakat dan sedekah dari masyarakat Kota Bengkulu.
 
"Jumlahnya sekitar 3.500 janda dan duda lansia miskin yang berhak mendapatkan bantuan ini. Bentuknya berupa sembako yang memang dibutuhkan oleh masyarakat dan bantuan dalam bentuk uang tunai," kata dia di Kota Bengkulu, Selasa.
 
Untuk bantuan yang diserahkan tersebut berupa sembako seperti beras, minyak goreng, gula dan lainnya yang memang dibutuhkan oleh masyarakat serta bantuan dalam bentuk uang tunai.
 
Ia menjelaskan mensejahterakan atau membahagiakan janda khususnya berlatar belakang kurang mampu memang menjadi program Pemerintah Kota Bengkulu.
 
Pada program tersebut, para ketua RT di Kota Bengkulu dituntut untuk mengetahui jumlah janda di setiap wilayahnya agar program menyantuni 1001 janda bisa terwujud sebagai penerima bantuan dari Baznas.
 
"Soal janda di kota ini ada program menyantuni 1.001 janda. RT harus lapor kalau ada janda yang belum tersentuh bantuan, khususnya janda-janda tua dan kurang mampu," ujar Habib.
 
Sementara itu, penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara bertahap dan dibagikan per wilayah di Kota Bengkulu, untuk jadwal nantinya akan dilakukan selama tiga hari ke depan dengan menyerahkan bantuan kepada miskin, duda miskin, mualaf, duafa serta petugas penggali kubur dilakukan di Masjid At Taqwa Kota Bengkulu.
 
Sedangkan untuk 408 orang di Kecamatan Singaran Pati, 396 orang di Kecamatan Selebar dan 473 orang di Kecamatan Kampung Melayu telah disalurkan.
 
Di sisi lain, salah seorang penerima bantuan sembako yaitu Sakirah dari Kelurahan Bumi Ayu Kota Bengkulu mengatakan bahwa program pemerintah kota dan Baznas Bengkulu selama ini tersalurkan dengan baik.
 
"Sebagai seorang janda saya merasa sangat terbantu dengan bantuan program bantuan janda tersebut karena bantuan yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan pokok," cakapnya.*


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023