Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiagakan tenaga medis di sejumlah objek wisata selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk membantu pengunjung yang mendapat masalah kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Minggu mengatakan, instansi itu selain menyiagakan puskesmas yang ada di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) selama 24 jam dan menugaskan mereka berjaga-jaga di tempat objek wisata yang ramai pengunjung. 

"Kita tugaskan kawan-kawan di puskesmas datang ke sana berjaga-jaga di tempat wisata seperti Danau Nibung karena banyak orang, termasuk di Bendungan Air Manjuto," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, pihaknya juga menyiagakan tenaga medis di pos pengamanan dan pos pelayanan yang berada sepanjang Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat.
 
Ia menyatakan, meskipun instansinya menyiagakan tenaga medis di objek wisata, namun instansinya tidak membuka pos khusus pelayanan di dalam lokasi objek wisata karena pos kesehatan sudah ada di puskesmas dan pos pengamanan dan pelayanan.
 
"Petugas medis kita masuk ke sana untuk memberikan pertolongan pertama apabila ada pengunjung objek wisata yang mengalami masalah kesehatan," ujarnya pula.
 
Dia menyebutkan, sebanyak 17 puskesmas di daerah setempat, sebanyak tujuh puskesmas di antaranya berada di pinggir Jalinsum, yakni di Kecamatan Air Rami, Kecamatan Teramang Jaya, Kecamatan Penarik, Kecamatan Kota Mukomuko, dan Lubuk Pinang.
 
Pihaknya selain menyiagakan puskesmas di pinggir jalan nasional serta seluruh puskesmas di pinggir jalan kabupaten dan provinsi siaga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
"Lebih kurang kalau kami hitung dari beberapa puskesmas, kami siagakan petugas kesehatan sebanyak 60 orang yang dipekerjakan secara shift," ujarnya.
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut setiap tahun dan instansinya termasuk yang berkolaborasi dengan aparat kepolisian dan perhubungan pada dua titik pos pelayanan dan keamanan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023