Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjamin stok logistik relatif aman dan mencukupi untuk menghadapi bencana alam di daerah ini.
 
"Kalau stok logistik bencana di gudang dinas ini aman, karena sisa logistik tahun 2023 masih ada. Kemudian bantuan provinsi juga masih ada," kata Kepala DinsosKabupaten Mukomuko Edi Kasman di Mukomuko, Minggu.
 
Selanjutnya, kata dia, Dinsos Mukomuko tinggal menyalurkan saja lagi logistik bencana yang ada di gudang dinas tersebut kepada warga setempat yang menjadi korban bencana alam.
 
Ia menyebutkan stok logistik yang ada di gudang Dinsos tersebut khusus untuk warga yang menjadi korban kebakaran rumah berupa tenda, triplek, seng, besi, dan paku.
 
Sedangkan bantuan untuk warga masyarakat yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini yang menjadi korban banjir, kata dia, ada tenda, selimut, berbagai peralatan, dan perlengkapan memasak.
 
"Meskipun sekarang ini tidak ada bencana kebakaran dan banjir, tetapi logistik bencana berupa barang-barang yang dibutuhkan oleh korban kebakaran itu tahan bertahun-tahun," ujarnya.
 
Sedangkan logistik bencana berupa bahan pokok dan makanan, katanya, sistemnya dinas ini menitip barang tersebut di warung agar tidak kadaluwarsa. Kalau ada kejadian itu diambil kembali.
 
Dinsos Kabupaten Mukomuko pada tahun 2024 mendapat alokasi anggaran sebesar Rp500 juta yang diambil dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk kegiatan rehabilitasi sosial.

Dari alokasi anggaran rehabilitasi sosial sebesar Rp500 juta, katanya, sebagian digunakan untuk pengadaan bahan material untuk pembangunan rumah warga yang terbakar.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024