PT Hutama Karya (HK) Perwakilan Bengkulu mencatat, lalu lintas kendaraan di tol Bengkulu - Taba Penanjung selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah sebanyak 42.159 kendaraan.
 
Branch Manager Tol Bengkulu - Taba Penanjung Medya Gustian di Kota Bengkulu, Rabu, menerangkan terdapat kenaikan hingga 170,5 persen lalu lintas di ruas tol tersebut jika dibandingkan dengan hari biasa.

Baca juga: Arus balik Tol Bengkulu-Taba Penanjung melonjak dalam dua hari
 
"Lalulintas di ruas tol Bengkulu Taba Penanjung pada arus mudik dan arus balik tercatat 42.159 kendaraan dan jika dibandingkan dengan Idul Fitri 1444 Hijriah terdapat kenaikan 4 persen," ujar dia.
 
Sebanyak 42.159 kendaraan yang melintas di ruas tol Bengkulu - Taba Penanjung tersebut didominasi oleh kendaraan pribadi dan paling banyak berasal dari Kabupaten Bengkulu Tengah menuju ke Kota Bengkulu.
 
Kemudian, untuk kendaraan yang melintas di Tol Bengkulu - Taba Penanjung dominasi oleh kendaraan dari dalam Provinsi Bengkulu dan hanya beberapa kendaraan dari luar Bengkulu yang melintas.

Baca juga: Pengguna Tol Bengkulu-Taba Penanjung meningkat hingga 14,13 persen
 
Sebelumnya, penggunaan tol Bengkulu - Taba Penanjung pada arus balik pasca perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah tepatnya pada 11 dan 12 April mengalami peningkatan hingga 161,24 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.
 
Sedangkan pada arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah pada 3 April hingga 10 April 2024 sebanyak 12.173 kendaraan atau meningkat sebanyak 14,13 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas pada hari biasanya.
 
Pada arus mudik yang memanfaatkan ruas tol Bengkulu - Taba Penanjung paling banyak terjadi pada Senin (7/4) yang mencapai 1.710 kendaraan.

Baca juga: HK sebut pengguna Tol di Bengkulu didominasi wisatawan
 
Kemudian, untuk pengguna atau pemanfaatan ruas tol Bengkulu - Taba Pananjung didominasi oleh wisatawan yang ingin menikmati masa libur Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Sebab selama arus mudik lebaran 2024 belum terlihat kendaraan dari luar Provinsi Bengkulu yang menggunakan ruas tol tersebut.
 
"Pengguna tol Bengkulu yaitu wisatawan, sebab hingga saat ini belum dilihat lalu lintas kendaraan dari luar kota atau provinsi Bengkulu," ujar dia.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024