Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu melantik 1.000 anggota pantarlih untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada November 2024.
 
Ketua KPU Kota Bengkulu Reyendra Firasad di Bengkulu, Senin menyebutkan, selain melantik, sebanyak 1.000 anggota pantarlih, juga mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang dilakukan oleh anggota panitia pemungutan suara (PPS).

Baca juga: KPU Bengkulu pastikan mantan napi narkoba jadi PPK tak langgar aturan
 
"Hari ini serentak pantarlih kita lantik. Kemudian dilanjutkan apel kesiapan coklit dan dilakukan bimbingan teknis oleh PPS terhadap pantarlih yang telah dilantik sebanyak 1.000 orang," ujar dia.
 
Setelah mengikuti Bimtek, 1.000 anggota pantarlih tersebut langsung mendatangi rumah warga untuk melakukan coklit yang dilaksanakan hingga 24 Juli 2024.
 
Untuk itu, terang Reyendra, dirinya meminta agar seluruh masyarakat saat anggota pantarlih melakukan pemutakhiran data pemilih untuk memberikan informasi yang baik kepada petugas sehingga mendapatkan data pemilih yang berkualitas.

Baca juga: DPT di Kota Bengkulu jelang pilkada 2024 naik 5.000 pemilih
 
"Kita berharap masyarakat di Kota Bengkulu bahwa anggota pantarlih akan bersilaturahmi ke rumah warga untuk melakukan pemutakhiran data pemilih oleh karena itu mohon dukungannya dengan memberikan informasi yang baik kepada petugas," terang dia.
 
Sebelumnya, KPU Kota Bengkulu membuka pendaftaran untuk masyarakat yang ingin menjadi petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) untuk Pilkada 2024.
 
Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bengkulu Irwansah menyebutkan bahwa untuk di Kota Bengkulu dibutuhkan sebanyak 1.000 orang yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) dengan total 511 lokasi.

Baca juga: KPU Kota Bengkulu tetapkan 511 TPS pada Pilkada 2024
 
Dilakukannya perekrutan pantarlih, guna memastikan data pemilih yang akurat dan terkini untuk kelancaran proses demokrasi khususnya pada pilkada yang akan dilaksanakan pada November 2024.
 
Sebab, anggota pantarlih akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih pada Pilkada 2024 guna memastikan masyarakat yang telah terdata sebelumnya tetap memilih pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah di wilayah Kota Bengkulu.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024