Pemerintah Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 287.541 anak di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia itu segera mendapatkan imunisasi polio dalam Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024.
 
"Sasaran imunisasi polio untuk Provinsi Bengkulu sebanyak 287.541 anak dengan target cakupan sekurang-kurangnya 95 persen untuk masing-masing putaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Mohammad Redhwan Arif di Bengkulu, Selasa.
 
Dia menyatakan vaksin polio ini merupakan upaya untuk melindungi anak dari infeksi virus polio. Penyakit polio adalah penyakit menular yang menyerang sistem syaraf pusat.
 
"Sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem motorik, yang membuat penderitanya mengalami kelumpuhan pada anggota gerak," kata dia.
 
Virus tersebut lanjut dia sangat menular dan menyerang anak-anak terutama anak yang berusia di bawah 15 tahun. Namun, Redhwan mengklaim untuk di Provinsi Bengkulu belum ditemukan penyakit Polio tersebut.
 
"Pelaksanaan PIN Polio dilakukan serentak di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu yang akan dimulai putaran 1 pada 23-29 Juli dan tahap 2 pada 6-12 Agustus 2024 tersebar di seluruh Puskesmas, PAUD, SD, Posyandu serta fasilitas kesehatan lainnya," kata Redhwan Arif.
 
Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar menyampaikan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap 2 menunjukkan komitmen pemerintah untuk menjaga kesehatan dan masa depan anak-anak dengan melakukan pencegahan dini terjangkitnya penyakit polio.
 
"Saya mengajak seluruh orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam program ini. Pastikan anak-anak kita mendapatkan imunisasi polio sesuai jadwal yang telah ditetapkan," kata dia.
 
Pemerintah Provinsi Bengkulu menilai perlindungan terhadap polio adalah hak setiap anak dan tugas bersama untuk memastikan hak tersebut terpenuhi.
 
Apalagi, lanjutnya penyakit polio merupakan salah satu kedaruratan kesehatan masyarakat dan seluruh negara telah berkomitmen untuk mewujudkan eradikasi polio termasuk Indonesia.
 
"Saya berharap melalui program ini, dapat mencapai target cakupan imunisasi yang maksimal dan memastikan Provinsi Bengkulu bebas dari polio. Mari kita bergandengan tangan dan berkomitmen untuk melindungi anak-anak kita dari penyakit polio," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024