Kepala Kepolisian Resor Mukomuko, Provinsi Bengkulu, AKBP Yana Supriatna mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 120 personelnya untuk mengamankan setiap tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
 
"Sebanyak 120 personel Polres Mukomuko yang ditugaskan untuk mengamankan setiap tahapan Pilkada 2024 di daerah ini," kata Kapolres Mukomuko AKBP Yana Supriatna di Mukomuko, Minggu.
 
Ia mengatakan, sebanyak 120 personel tersebut melakukan pengamanan selain di kantor KPU Mukomuko serta di sejumlah tempat keramaian yang ada aktivitas bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati.
 
Kemudian, katanya, personel juga melakukan patroli rutin guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada 2024.
 
Personel polisi tersebut juga akan melakukan pengamanan pada hari pemungutan suara bergabung dengan personel dari TNI dan petugas perlindungan masyarakat.
 
Ia menyebutkan, sebanyak 968 personel gabungan dari TNI-Polri, dan petugas linmas yang disiapkan untuk melakukan pengamanan pada hari pemungutan suara pilkada.
 
Dari sebanyak 968 personel gabungan tersebut, katanya, dari Polri kita menyiapkan 210 personel, dibantu TNI sebanyak 104 personel, dan linmas 654 personel.
 
Dari sebanyak ratusan personel gabungan itu, katanya, akan didistribusi di kegiatan pengamanan tempat pemungutan suara (tps), dan ada beberapa klasifikasi tps di daerah ini, yakni tps kurang rawan dan rawan.
 
Ia mengatakan, untuk personel Polres Mukomuko yang ditugaskan untuk pengamanan di tps kurang rawan menerapkan pola 2, 2, 4, yakni dua personel polisi untuk dua tps dan empat petugas linmas.
 
Kemudian, katanya, untuk personel Polres Mukomuko yang ditugaskan untuk pengamanan di tps kurang rawan menerapkan pola 2, 1, 2, yakni dua personel polisi satu tps dan dua petugas linmas.
 
"Sementara tps rawan di daerah ini terletak di tps di Desa Penarik," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024