Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perhubungan setempat menambah lampu penerangan jalan umum (PJU) untuk membuat suasana kota menjadi lebih indah dan membuat lingkungan terang.
 
"Jumlahnya ditambah menjadi 125 unit dari sebelumnya 77 unit, karena dengan anggaran yang sama dapat membeli lebih banyak lampu PJU," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko Sirat Purnama di Mukomuko, Senin.
 
Dia menjelaskan, Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko pada 2024 mengalokasikan anggaran sekitar Rp1 miliar untuk kegiatan pengadaan sekaligus pemasangan lampu PJU di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko.
 
Sebelumnya dalam daftar pelaksanaan anggaran (DPA) kegiatan pengadaan lampu PJU tersebut sebanyak 77 unit, kemudian dilakukan pergeseran menjadi 125 unit lampu PJU.
 
"Jika sebelumnya sebanyak 77 unit lampu PJU dipasang sepanjang Jalan Lintas Sumatera mulai dari bundaran di Kelurahan Pasar Mukomuko sampai Kelurahan Bandar Ratu, kini termasuk di Kelurahan Koto Jaya," ujarnya.
 
Ia mengatakan pula, saat ini realisasi pekerjaan pemasangan lampu PJU tersebut hampir selesai. Dari sebanyak 125 unit lampu, sebanyak 100 unit yang sudah dipasang, masih ada 25 unit lampu yang belum dipasang di wilayah Kelurahan Koto Jaya.
 
Ia menargetkan, pekerjaan pemasangan lampu penerangan jalan itu dapat diselesaikan dalam Minggu in,i atau lebih cepat dari kontrak kerja tanggal 22 September 2024.
 
"Dalam Minggu ini selesai. Dari sebanyak 125 lampu PJU, tersisa 25 lampu PJU yang belum dipasang di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko," ujarnya.
 
Sementara itu, katanya, terdapat ratusan lampu PJU yang ada di jalan kota daerah ini menggunakan tenaga listrik yang bersumber dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), bukan yang berasal dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). 
 
Ia menjelaskan, pemerintah daerah tidak menggunakan lampu penerangan jalan yang bersumber dari PLTS karena susah pemeliharaannya.
 
Sejumlah lampu penerangan jalan yang menggunakan PLTS di sepanjang jalan nasional di daerah ini selama ini tidak berfungsi karena kurangnya pemeliharaan terhadap lampu jalan tersebut.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024