Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan di sejumlah wilayah pada 2025 akibat kerusakan yang dikeluhkan masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, di Mukomuko, Jumat, menyebutkan bahwa ada lima ruas jalan yang tersebar di Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Kota, dan Kecamatan XIV Koto yang akan menjadi prioritas pembangunan pada 2025.

"Lima ruas jalan yang jadi prioritas, di antaranya, yaitu ruas jalan gang becek di Kecamatan Lubuk Pinang dan ruas jalan satuan permukiman (SP) 10 Desa Rawa Bangun, Kecamatan XIV Koto," katanya.

Selain itu, ia menyebutkan dua ruas jalan di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko, yakni ruas jalan menuju tempat pelelangan ikan (TPI) Pantai Indah dan ruas jalan menuju Koramil Pantai Indah, Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia menambahkan bahwa beberapa ruas jalan tersebut sudah terdaftar dalam prioritas kegiatan dan penganggaran tahun 2025. Pemerintah daerah setempat juga berencana membangun ruas jalan evakuasi bencana di wilayah Desa Tanah Rekah, Kecamatan Kota Mukomuko.

Pembangunan infrastruktur jalan, kata dia, akan dibiayai dari dana alokasi khusus (DAK) akuatik yang telah ditetapkan untuk kegiatan pembangunan jalan di sejumlah wilayah. Terkait tahapan pembangunan infrastruktur jalan tahun 2025 yang bersumber dari DAK akuatik, ia menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengambilan data pendukung di beberapa titik yang direncanakan.

“Kamis (3/10), tim teknis dari Dinas PUPR turun ke lokasi untuk pengambilan data pendukung. Data ini diperlukan untuk melengkapi syarat administrasi yang diminta pemerintah pusat,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mengagendakan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di beberapa wilayah lainnya melalui skema anggaran DAK fisik bidang PUPR.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024