Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah pembukaan hari kegiatan TNI manunggal KB Kesehatan 2013 yang akan digelar pada Mei mendatang.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu widati mengatakan, pelaksanaan hari gerak TMKK 2013 dimulai Mei hingga Oktober, dan pembukaan direncanakan di Kabupaten Kaur atas kesediaan pemerintah daerah setempat, katanya kepada media usai Rakor TMKK 2013 di Gedung Balatbang BKKBN Bengkulu Selasa,23/4.

Ia mengatakan, sentral kegiatan TMKK dengan menggelar bhakti sosial pelayanan KB dan Kesehatan dasar bagi masyarakat, pelaksanaan itu menindak lanjuti kesepakan antar dua lembaga pemerintah secara Nasional, antara TNI dan BKKBN.

Kesepakatan tersebut wujud nyata TNI dalam pembangunan kependudukan dna pelaksanaan KB sebagai muara dari upaya mencapai keluarga yang berkualitas dan mandiri, ujarnya.

Menurut Widati, pentingnya bakti TMKK dapat membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan keamanan, serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah," jelasnya.

Ia menambahkan, tuan rumahnya Kabupaten Kaur dalam pencanagan TMKK juga ditempatkan sebagai pencanangan pelayanan 10 ribu implan dalam menyambut HUT Provinsi bengku ke 47. Hal itu upaya dan langkah dalam meningkatkan kegiatan KIE program kepada masyarakat, ujarnya.

Sementara itu Kasrem 041 Gamas Bengkulu Letkol,Inf. Bedali Harefah mewakili Komandan Korem Gamas Kolonel Teguh Pambudi menyampaikan, program KB sebagai salah satu bagian dari Program Pembangunan Nasional tidak seharusnya dipandang sebagai pelayanan kontrasepsi semata, namun perlu dilihat sebagai investasi terhadap pembangunan manusia, menyangkut perencanaan keluarga melalui pendewasaan usia perkawinan, program pengaturan kelahiran, pengasuhan anak secara sehat dan manusiawi, pendidikan kesehatan, kesejahteraan dan perencanaan masa depan.

Ia mengharapkan, seluruh elemen menjaga dan memelihara kebersamaan TNI dan rakyat. Hal tersebut dimaksudkan agar tetap menjadi modal pembangunan kita sebagai bangsa dan menjadi sumber semangat dalam mencapai Visi dan Misi pembangunan Daerah.

“Kegiatan Bhakti Manunggal KB-Kesehatan merupakan sarana mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah, serta mendorong percepatan pembangunan desa, terima kasih kepada seluruh Prajurit TNI yang bertugas pada kegiatan Bhakti TNI Manunggal KB-Kesehatan 2013,“ akhirinya.(pen)

Editor: Musriadi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar