Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-19 tahun Kabupaten Mukomuko.

Rapat paripurna istimewa yang digelar di ruang rapat kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Mukomuko, Kamis, dihadiri oleh sebanyak 25 orang anggota DPRD Kabupaten Mukomuko, Bupati Mukomuko Sapuan dan Wakil Bupati Wasri, Penjabat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko Yandaryat.

Serta tamu undangan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko AKBP Witdiardi, Komandan Distrik Militer 0428/Mukomuko Letkol Czi Rinaldo Rusdi,
Kepala Kejaksaaan Negeri setempat Rudi Iskandar, Perwira Penghubung, Komandan Pos TNI AL, 

Kemudian, sejumlah bupati dari kabupaten tetangga dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), pejabat eselon II, III, IV satuan kerja perangkat daerah.

Ketua DPRD Mukomuko Ali Saftaini didampingi Wakil Ketua I DPRD Nursalim, dan Wakil Ketua II DPRD Nopianto, mengatakan selama 19 tahun sudah Kabupaten Mukomuko telah terbentuk sebagai daerah yang mandiri dan otonom.

Pelaksanaan otonomi daerah menjadi sangat penting karena merupakan kebutuhan yang harus diupayakan, agar pemerintah daerah dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. 

Dengan di mulainya pemerintahan yang otonom di Kabupaten Mukomuko sejak tahun 2003, telah banyak membawa perubahan yang signifikan, di antaranya perubahan pada pembangunan infrastruktur yang menunjang kegiatan masyarakat serta penyelenggaraan pelayanan publik yang optimal. 

Semua hal tersebut di atas merupakan rahmat dari Allah yang dijembatani melalui jerih payah serta tetes keringat, dan kegigihan para pejuang pemekaran, serta dukungan segenap masyarakat Kabupaten Mukomuko. 

"Kita sebagai generasi penerus, yang diberi amanah untuk meneruskan perjuangan yang mulia ini, haruslah selalu bersikap dan berprilaku positif, agar amanah ini dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Selain itu, dapat menjawab ekspektasi masyarakat kabupaten mukomuko seperti yang diharapkan, dalam langkah perjalanan Kabupaten Mukomuko tidak bisa dipungkiri, masih banyak kekurangan dan kelemahan. 
 
DPRD Mukomuko Gelar Paripurna Peringati Hari Jadi Ke-19 (Foto Antarabengkulu.com)


Untuk itu, semangat kebersamaan dan gotong royong demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Mukomuko yang maju, mandiri, berkarakter dan sejahtera berbasis agro, perikanan dan berilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta beriman dan bertakwa (imtag) 

Ia menjelaskan, dasar lahirnya Kabupaten Mukomuko adalah Undang-undang Nomor 3 tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur di Provinsi Bengkulu. 

Selanjutnya penetapan hari jadi Kabupaten Mukomuko adalah berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2008 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Mukomuko.

Lebih lanjut, ia mengatakan, terkaulit dengan pelayanan kepada rakyat di darah ini ada beberapa hal, yakni dalam melaksanakan tugas dan fungsi, tidak semua aspirasi yang dapat direalisasikan karena atas dasar prioritas dan keterbatasan anggaran.

Kemudian sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan, DPRD Mukomuko d melaksanakan tugas dan fungsinya senantiasa bersinergi serta bersama-sama dengan pemerintah daerah sebagai mitra yang sejajar untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik.

Selanjutnya, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Mukomuko Sapuan dan Wabup Wasri yang telah memimpin Kabupaten Mukomuko dan prakarsa dan karya besar yang dilakukan.

Ia menyebutkan, telah memprioritaskan penanganan COVID-19 dalam hal capaian target vaksinasi, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penanganan dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19, dan pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mukomuko. 

Terakhir, ia juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah karena dimana pada masa kepemimpinan beliau Kabupaten Mukomuko banyak mendapatkan perhatian melalui program kegiatan dari pemerintahan provinsi bengkulu. 

Ia menyebutkan, program ini meliputi pembangunan infrastruktur, penyaluran bantuan sosial dan kemasyarakatan yang manfaatnya sangat besar bagi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten mukomuko.(Adv)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022