Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan sebanyak 31 desa di daerah ini sudah memiliki akses internet gratis pada 2023 untuk mewujudkan desa digital.
 
"Tahun ini, kita targetkan pembangunan akses internet gratis di 31 desa di daerah ini, dan kami optimistis pembangunannya bisa terealisasi dalam tahun ini," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Novria Eka Putra di Mukomuko, Selasa.
 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko setiap tahun mendapatkan alokasi dana yang bersumber dari APBD untuk pembangunan akses internet gratis di semua desa daerah ini.
 
Ia mengatakan instansinya menjalin kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk membangun akses internet di 31 desa yang tersebar di daerah ini.
 
"Kita kerja sama dengan PT Telkom Indonesia untuk pemasangan Wifi di desa yang mendapatkan program internet gratis dengan persyaratan desa dilewati oleh kabel optik perusahaan tersebut," ujarnya.
 
Selanjutnya, kata dia, pemerintah daerah setempat yang membayar biaya langganan Wifi yang dipasang di desa kepada PT Telkom Indonesia.
 
Ia menyebutkan hingga kini sebanyak 66 desa yang tersebar di 15 kecamatan telah memiliki akses internet gratis sejak tahun 2021-2022.
 
Dari 66 desa tersebut, kata dia, sebanyak 10 desa pada 2021 dan 16 desa pada 2022 memperoleh akses internet gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.
 
Kemudian, ujar dia, Dinas Kominfo telah membangun akses internet gratis di 40 desa sepanjang jalan poros di daerah ini pada 2022 dan tahun 2023 sebanyak 31 desa.
 
Ia mengatakan mayoritas pembangunan dan pemasangan jaringan internet tersebut dipasang di kantor desa dan peralatan dipasang di fasilitas umum desa.
 
Dia menyarankan pemerintah desa menggunakan dana desa untuk membuat fasilitas, seperti pondok bagi masyarakat yang ingin mengakses internet di kantor desa.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023