Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko menjajaki kerja sama dengan Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan dalam sektor pertanian guna meningkatkan ketahanan pangan di daerah ini.

Penjajakan kerja sama dalam sektor pertanian dengan Lubuk Linggau ini  merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Komisi II DPRD Mukomuko ke Lubuk Linggau belum lama ini.

Baca juga: DPRD Mukomuko dukung usulan anggaran pembelian vaksin hewan rabies

"Untuk meningkatkan sektor pertanian, akan dilakukan kerja sama antar daerah tetangga," kata Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Mukomuko Wisnu Hadi.

Ia mengatakan, salah satu tujuan lembaganya melakukan kunjungan kerja ke DPRD Lubuk Linggau, yakni penguatan di sektor pertanian terutama produktivitas pangan unggulan di wilayah tersebut.

Untuk itu, katanya, salah satu langkah yang akan dilakukan DNA diterapkan di Kabupaten Mukomuko adalah mengutamakan produksi pangan unggulan.

Menurutnya, daerah ini merupakan lumbung padi, untuk itu perlu ada kajian bersama dengan pemerintah daerah selain berupaya meningkatkan produksi padi sekaligus menampung hasil panen petani.

Baca juga: DPRD Mukomuko bahas RKUA-PPAS 2024

Kemudian, katanya, memperbaiki sarana dan prasarana penunjang sektor pertanian seperti jalan, irigasi dan lainnya. Semua itu perlu dibahas dengan instansi terkait.

Karena, katanya, tujuan semua itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga berbagai upaya dilakukan oleh DPRD bersama eksekutif mewujudkannya.

Menurutnya, ada beberapa strategi yang dilakukan oleh Lubuk Linggau dalam meningkatkan produktivitas pangan, dan strategi ini akan diterapkan di Kabupaten Mukomuko.

Sementara itu, katanya, saat ini masalah ketahanan pangan menjadi prioritas utama dan menjadi program pemerintah pusat, dan program ini diteruskan ke provinsi dan kabupaten/kota.(Adv)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023