Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, melakukan survei demam secara massal untuk mendeteksi dini penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah ini agar bisa dilakukan penanganan segera.
 
"Saat ini kami melakukan survei demam secara massal terhadap warga yang tersebar di seluruh wilayah daerah ini," kata Pengelola Program DBD Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Ruli Herlindo di Mukomuko, Jumat.

Baca juga: Dinkes Mukomuko klarifikasi informasi satu keluarga meninggal akibat DBD

Baca juga: Dinkes Mukomuko tangani 29 kasus DBD
 
Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko melakukan survei demam massal setelah ada kasus kematian akibat DBD di wilayah Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto.
 
Kemudian, dari kasus kematian akibat DBD di wilayah tersebut disusul dengan peningkatan kasus DBD selama bulan Agustus 2023 mencapai 25 kasus, dan terbanyak di Desa Lubuk Sanai mencapai 14 kasus.
 
Ia mengatakan, survei demam secara massal ini tidak hanya dilakukan di wilayah Desa Lubuk Sanai, tetapi juga di seluruh desa yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.
 
"Kami melakukan survei demam meliputi seluruh wilayah di daerah ini. Kita ada petugas puskesmas yang membantu melalukan survei demam terhadap warga di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Bupati Mukomuko ingatkan warga waspada penyebaran DBD

Baca juga: Kemenkes turun ke Mukomuko terkait satu keluarga meninggal akibat DBD
 
Ia mengatakan, petugas kesehatan yang tersebar di seluruh puskemas di daerah ini selain melakukan survei demam sekaligus memastikan kondisi kesehatan warga yang mengalami demam.
 
Selanjutnya, katanya, warga masyarakat yang mengalami demam tinggi dilakukan penanganan segera agar warga tersebut tidak terkena penyakit DBD.
 
Ia mengatakan, instansinya sebelumnya melakukan tes cepat DBD secara massal terhadap warga yang berada di wilayah yang ditemukan kasus kematian akibat penyakit DBD.
 
Dari hasil tes cepat DBD massal terhadap warga di wilayah tersebut, katanya, jumlah kasus DBD di wilayah Desa Lubuk Sanai meningkat drastis menjadi 14 kasus.
 
Sementara itu, kasus DBD di Kabupaten Mukomuko terhitung sejak bulan Januari hingga Agustus 2023 sebanyak 37 kasus, dari kasus DBD sebanyak itu, sebanyak 25 kasus DBD terjadi selama bulan Agustus 2023.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023