Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Arif Gunadi pada Minggu (24/9) resmi menjadi penjabat (pj) Wali Kota Bengkulu setelah Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melantik pengganti Helmi Hasan yang mengundurkan diri.
 
Pelantikan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3-3960 tahun 2023 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.
 
"Saya akan terus melanjutkan program program baik yang telah berjalan selama kepemimpinan Wali Kota Helmi Hasan dan Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi, terus dilanjutkan demi menghadirkan kebahagiaan di tengah masyarakat," kata Arif di Kota Bengkulu, Selasa.
 
Sementara itu, Arif memastikan jika program yang baik yang telah berjalan selama kepemimpinan Wali Kota Helmi Hasan dan Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi terus dilanjutkan demi menghadirkan kebahagiaan di tengah masyarakat.

Adapun Helmi mengundurkan diri sebagai orang nomor satu Kota Bengkulu karena akan berlaga di kontestasi Pemilu 2024 memperebutkan kursi DPR di Senayan, Jakarta. 

Baca juga: Wali Kota Bengkulu ajukan surat pengunduran diri ke DPRD
Baca juga: Gubernur harap pj wali kota Bengkulu merupakan sosok perekat rakyat


Adik dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan itu juga telah dua periode menjadi Wali Kota Bengkulu.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan (kiri) di Bandarlampung, Rabu (20/9/2023). Zulhas merupakan kakak dari Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan yang mengundurkan diri. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.


Helmi Hasan mengajukan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota periode 2018-2023 ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu pada 12 Juli 2023. Setelah beberapa bulan hingga akhir September 2023, pejabat pelaksana tugas Walkot Bengkulu telah resmi dilantik.

Terjadi pergolakan di tengah penunjukan pengganti Helmi karena tidak sesuai rekomendasi dari DPRD Kota Bengkulu, termasuk demonstrasi oleh sejumlah unsur massa setelah penggantinya Arif Gunadi dilantik pada Minggu (24/9).

Adapun Pj Wali Kota Bengkulu Arif di sela mengawali kepemimpinannya di Kota Merah Putih mengajak seluruh jajaran di lingkungannya untuk menjadi insan yang bermanfaat dan menghadirkan kebahagiaan di tengah masyarakat guna mewujudkan kota yang religius serta bahagia.

Baca juga: Camat dinonaktifkan karena tak kibarkan bendera, begini aturan pengibarannya
Baca juga: Wali Kota Bengkulu sebut MPP upaya perbaiki sistem anti korupsi
"Bengkulu religius dan bahagia itu artinya ialah bagaimana kehadiran kita ini betul-betul memberi manfaat bagi orang lain. Seperti hadits 'khairunnas anfauhum linnas', sebaik baiknya manusia ialah yang bermanfaat bagi manusia lainnya," ujarnya.
 
Arif Gunadi lahir di Lebong Selatan 19 Juli 1968 dan menjadi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu sejak 2001. Kemudian ia beberapa kali mengikuti rotasi jabatan di lingkungan Pemkot Bengkulu.

Berikut ini riwayat karirnya di jajaran birokrasi.

1. Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bengkulu (2006)
2. Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan Setda Kota Bengkulu (2010).
3. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu (2011).
4. Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kota Bengkulu (2014).
5. Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Bengkulu (2015)
6. Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kota Bengkulu (2015).
7. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu (2017)
8. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bengkulu (2019)
9. Sekretaris Daerah Kota Bengkulu (2021-2023).
10. Penjabat Wali Kota Bengkulu (2023).

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023