Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu menyiapkan kontainer sampah tambahan guna mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Ada beberapa titik seperti pasar dan terminal kita akan letakkan kontainer sampah untuk mengantisipasi lonjakan volume sampah," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan Sampah DLH Kota Bengkulu Rusman di Bengkulu, Senin.
 
Penambahan tersebut dilakukan sebab, selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah dipastikan jumlah volume sampah konsumsi masyarakat akan melonjak.

Dia mengatakan, untuk volume sampah selama Ramadhan 1445 Hijriah yang ada di Kota Bengkulu diperkirakan mencapai 3 ton hingga 7 ton per hari. Dengan angka tersebut, diprediksi akan terus mengalami penambahan hingga memasuki hari raya Idul Fitri 1445 Hijrah mendatang.

Baca juga: Warga Rejang Lebong diminta lakukan pemilahan sampah

Baca juga: Mukomuko siapkan lahan untuk pembangunan TPA sampah

Baca juga: Volume angkutan sampah di Rejang Lebong meningkat hingga 150 ton
 
"Kalau dilihat dari tahun ke tahun pada hari raya itu pasti ada penambahan volume sampah, kalau kita hitung 5 hingga 6 kubik dan mobil truk membawa sampah memiliki berat 2 hingga 3 ton yang dibawa ke TPA," kata Rusman.
 
Sementara itu, di sejumlah titik yang terjadi penumpukan sampah, pihaknya menyediakan satu unit kontainer sampah yang setiap harinya dan diangkut menuju tempat pembuangan akhir (TPA) Air Sebakul.
 
Namun untuk untuk sampah rumah masyarakat yang ada di Kota Bengkulu saat ini dikelola oleh pihak kelurahan lewat lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM).
 
"Kita tidak mengambil lagi sampah rumah tangga (SRT) di rumah masyarakat kecuali di jalan poros dan di tempat usaha. Karena sudah ada LPM yang mengelola sekarang," ujar dia.

 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024