Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu melaporkan sedikitnya terdapat lima titik lokasi kebakaran lahan gambut di daerah ini dalam dua pekan terakhir.
 
Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko Ramdani saat dihubungi dari Mukomuko, Senin, mengatakan lima titik lokasi kebakaran lahan gambut itu tersebar di Kecamatan Kota Mukomuko dan Kecamatan Air Manjuto.
 
"Dari lima titik lokasi kebakaran lahan gambut tersebut, ada yang tidak bisa dijangkau mobil damkar, sehingga kebakaran sulit dipadamkan," katanya.
 
Ia menyebutkan, dua dari lima titik lokasi tersebut berada di Kecamatan Kota Mukomuko dan tiga lainnya di Kecamatan Air Manjuto.
 
Dari dua titik kebakaran lahan gambut di Kecamatan Kota Mukomuko, hanya satu titik yang bisa dijangkau dijangkau mobil damkar. Sedangkan kebakaran lahan di belakang RSUD Mukomuko juga tidak bisa dijangkau mobil damkar dan hanya dipadamkan dengan menggunakan mesin pompa air dan selang panjang.

Ia mengatakan, penyebab kebakaran lahan gambut tersebut diduga arena dibakar oleh oknum yang membuka lahan untuk perkebunan kelapa sawit.
 
Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah mengatakan, timnya rutin melakukan pengecekan untuk memastikan api tidak menyebar ke lahan gambut lain.
 
"Pengecekan terakhir sore kemarin, berikutnya kami akan melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada lagi kebakaran lahan di wilayah ini," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024