Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mencatat hingga saat ini sebanyak 21.943 warga Kota Bengkulu telah menggunakan aplikasi identitas kependudukan digital (IKD).
 
Penggunaan IKD di Kota Bengkulu telah mencapai 7,8 persen dari total 278.057 warga yang telah melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.
 
"Untuk jumlah warga Kota Bengkulu yang telah menggunakan IKD 21.943 orang," kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Wahyu Gunawan di Bengkulu, Selasa.
 
Ia menyebutkan, saat ini pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan penggunaan IKD di Kota Bengkulu seperti meminta warga yang melakukan perekaman KTP elektronik untuk langsung mengaktifkan KTP digital.
 
Kemudian, melakukan aksi jemput bola guna meningkatkan penggunaan identitas kependudukan digital (IKD) di wilayah tersebut.
 
"Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika sudah menggunakan IKD, sebab dengan aplikasi ini terdapat sejumlah layanan yang berhubungan pelayanan publik" sebutnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Widodo menerangkan bahwa aksi jemput bola dilakukan dengan cara mendatangi seluruh kampus atau universitas negeri maupun swasta di wilayah tersebut untuk memfasilitasi mahasiswa melakukan aktivasi IKD secara masif.
 
"Kita bekerjasama dengan Dinas Dukcapil provinsi untuk mengadakan IKD goes to campus dalam rangka jemput bola pengaktifan KTP Digital Kota Bengkulu," ujar dia.
 
Kemudian, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu akan membuka pelayanan selama tiga hari di kampus tersebut dengan menyiagakan petugas agar dapat membantu fasilitasi mahasiswa mengaktifkan melalui smartphone masing-masing.
 
Dengan dilakukan aksi tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk beralih ke IKD dapat meningkatkan penggunaan identitas kependudukan digital di Kota Bengkulu
 
Terang Widodo, untuk penerapan KTP digital harus dilakukan secara bertahap, dan dengan dilakukan di kampus agar mahasiswa dapat membantu Dinas Dukcapil dalam mempercepat sosialisasi.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024