Anggur, baik yang berwarna hijau, ungu, maupun biru tua, bukan hanya enak disantap, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Buah ini kaya akan khasiat yang mendukung tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Menurut Health.com dan ditinjau secara medis oleh Elizabeth Barnes, RDN, anggur terbukti dapat mendukung kesehatan tulang serta meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, anggur menjadi salah satu buah yang patut dipertimbangkan dalam diet harian Anda.

Berikut ini adalah tujuh manfaat mengonsumsi buah anggur yang perlu Sobat ANTARA ketahui:

1. Mendukung kesehatan tulang

Anggur merupakan sumber yang kaya akan vitamin K, kalsium, magnesium, dan kalium—semua nutrisi penting yang mendukung kesehatan tulang. Kekurangan nutrisi tersebut dapat meningkatkan risiko patah tulang. Oleh karena itu, konsumsi anggur secara teratur dapat membantu menjaga kekuatan tulang.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Satu cangkir anggur mengandung sekitar 4,8 miligram vitamin C, yang merupakan komponen penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, anggur juga memiliki sifat antimikroba alami yang melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus.

Baca juga: Mencicipi lezatnya makanan ala barat di Lavier Lounge Morazen Surabaya
Baca juga: Pakar anjurkan konsumsi makanan kaya antiokisdan lawan radikal bebas

3. Kaya akan antioksidan yang menjaga kesehatan tubuh

Anggur dikenal karena kandungan antioksidannya yang melimpah. Salah satu antioksidan utama dalam anggur adalah quercetin, yang memberikan warna ungu dan hitam pada anggur serta melindungi tubuh dari penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer. Polifenol yang terkandung dalam anggur juga mendukung kesehatan usus, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kekebalan dan suasana hati.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Anggur mengandung jejak melatonin, hormon yang diproduksi di otak dan membantu mengatur ritme sirkadian serta kualitas tidur. Melatonin dalam anggur dapat membantu mengatasi masalah tidur, seperti jet lag, gangguan tidur, dan kecemasan sebelum atau setelah operasi.
 
Anggur (Pixabay)


5. Meningkatkan kesehatan jantung

Anggur memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kardiovaskular. Resveratrol, senyawa dalam anggur, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mencegah pengerasan arteri, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung, serta menurunkan tekanan darah.

6. Melindungi kesehatan mata

Dua pigmen penting dalam anggur, yaitu lutein dan zeaxanthin, berperan dalam melindungi kesehatan mata. Kedua pigmen ini membantu meningkatkan kontras visual, memperbaiki jangkauan visual, serta mengurangi ketidaknyamanan akibat silau dan cahaya terang. Mereka juga dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak, dua masalah mata yang paling umum terjadi.

Baca juga: Dr. Zie bagikan tiga ciri utama kulit sehat dan tips perawatannya
Baca juga: Kiat makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak

7. Membantu menjaga hidrasi tubuh

Satu cangkir anggur mengandung sekitar 121 gram air, yang membantu menjaga hidrasi tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting untuk mendukung berbagai fungsi tubuh, seperti membuang limbah melalui urin, keringat, dan feses, menjaga suhu tubuh yang normal, melumasi sendi, serta melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan lain.
 
Anggur (Pixabay)


Kandungan nutrisi dalam satu cangkir anggur meliputi 104 kalori, kurang dari 1 gram lemak, 3 mg natrium, 27 gram karbohidrat, 1,35 gram serat, dan 1,08 gram protein. Hal ini menjadikan anggur sebagai camilan yang tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang beragam.

Namun, tetap perhatikan konsumsi agar tidak berlebihan, untuk menghindari reaksi alergi dan masalah pencernaan.
 

Cegah penyakit tidak menular dengan gizi seimbang bagian 1

 

Pewarta: Vonza Nabilla Suryawan

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024