Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggunakan pindai wajah untuk mengantisipasi joki tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2024.
 
"Kami menggunakan pindai wajah yang tersebar di 5 titik untuk mengantisipasi jangan sampai ada peserta tes CPNS yang menggunakan joki," kata Pejabat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko Niko Hafri di Mukomuko, Jumat.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui BKPSDM tahun ini membuka 150 formasi CPNS yang terdiri atas 75 tenaga kesehatan dan 75 tenaga teknis.
 
Sebanyak  3.584 pelamar CPNS, dan sudah mensubmit sebanyak 3.403 pelamar, dari pelamar tersebut 3.014 orang memenuhi syarat dan yang tidak memenuhi syarat 389 orang.
 
Ia mengatakan alat pindai wajah ini digunakan bagi para peserta sebelum mereka masuk ke dalam ruangan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS.
 
Ia memastikan, alat pindai wajah ini dapat mendeteksi wajah orang yang bukan dan benar-benar peserta CPNS tahun ini.
 
Selain itu, katanya, registrasi bagi peserta yang mengikuti tes SKD CPNS 2024 ini diperketat dari tes sebelumnya.
 
“Registrasi peserta tes CPNS tahun ini lebih diperketat karena tes sebelumnya di daerah lain ditemukan adanya joki," ujarnya.
 
Terkait dengan pelaksanaan tes SKD, ia mengatakan pihaknya masih menunggu jadwal dan lokasi pelaksanaannya.
 
Sedangkan persiapan tes SKD CPNS 2024, ia mengatakan, panitia seleksi daerah sudah siap, tinggal lagi menunggu jadwal dan lokasi dari panitia seleksi nasional.
 
Selain itu, ia mengatakan dalam pelaksanaan tes SKD CPNS 2024, para peserta tidak diperkenankan membawa apapun ke dalam ruangan.
 
"Nanti ada petugas yang mengarahkan untuk peserta menitipkan barang-barangnya saat masuk ke dalam ruangan tes SKD, peserta hanya diperbolehkan membawa kartu ujian," katanya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024