Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan arus pendek listrik penyebab terbanyak terjadinya kasus kebakaran tahun ini.

“Sebanyak empat kasus kebakaran yang terjadi sejak bulan Januari 2019 sampai sekarang, tiga kasus di antaranya karena arus pendek listrik,” kata Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko Ibnu Hadi di Mukomuko, Rabu (24/7).

Baca juga: Dinsos Mukomuko usulkan penambahan stok logistik bencana

Sebanyak tiga kasus kebakaran yang disebabkan arus pendek listrik, yakni kebakaran satu unit kulkas dan nyaris menghanguskan bangunan rumah di Desa Ujung Padang tanggal 25 Maret 2019.

Kemudian kebakaran sebanyak tiga bangunan rumah kopel semi permanen lima pintu dan satu bangunan polindes di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Teras Terunjam, Jumat malam (19/7).

Sebanyak tiga bangunan rumah kopel semi permanen lima pintu yang hangus terbakar tersebut merupakan rumah lama eks transmigrasi di wilayah ini.

Ia mengatakan, instansinya tidak menerima laporan tentang kejadian kebakaran sebanyak tiga bangunan rumah kopel semi permanen dan dihuni oleh lima keluarga warga di wilayah ini.


Baca juga: Dinsos Mukomuko bergerak bantu korban kebakaran

“Bagaimana petugas pemadam bahaya kebakaran dinas ini ingin membantu memadamkan api kalau tidak ada warga di wilayah ini yang melaporkan kejadian tersebut kepada petugas,” ujarnya pula.

Selanjutnya kebakaran yang disebabkan arus pendek listrik juga menghanguskan sebuah bangunan ruko di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Penarik tanggal 20 Juli 2019. Ruko tersebut milik Ifan Setiawan.

Sedangkan kasus kebakaran rumah milik Siti Nuhayati, warga satuan pemukiman tiga Desa Marga Mulya, Kecamatan Air Rami tanggal 31 Maret 2019 disebabkan oleh obat nyamuk bakar.

Dari sebanyak empat kasus kebakaran bangunan rumah dan ruko milik warga di wilayah ini, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini karena mayoritas pemilik bangunan tidak berada di tempat kejadian peristiwa.


Baca juga: Kebakaran hanguskan tiga rumah di Mukomuko
Baca juga: Diterjang ombak besar, kapal nelayan Mukomuko karam
Baca juga: Di lahan persawahan, warga Desa Arah Tiga meninggal akibat disambar petir

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019