Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menargetkan semua desa di daerah ini mencairkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I sebesar 40 persen dalam bulan April tahun ini.

“Daerah kita termasuk terlambat dalam pengajuan dan pencairan DD dan ADD karena keterlambatan pengesahan APBD tahun ini, tetapi kami targetkan semua desa mencairkan dana desa dalam bulan April tahun ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan sampai sekarang hampir mayoritas desa dari sebanyak 148 desa di daerah ini yang telah mengajukan pencairan DD dan ADD tahap I sebesar 40 persen kepada instansinya.

Dari sebagian besar desa yang telah mengajukan pencairan DD dan ADD tahap I tersebut, hampir ratusan berkas desa yang telah disampaikan kepada Badan Keuangan Daerah (BKD) setempat.

“Sejak beberapa hari terakhir kemungkinan sudah ada desa di daerah ini yang sudah menerima pencairan DD dan ADD tahap I, desa yang belum menyusul dalam bulan ini juga,” ujarnya pula.

Sementara itu, sejak beberapa hari terakhir sebanyak 74 desa atau 50 persen dari 148 desa di daerah ini yang telah mengajukan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I sebesar 40 persen.

Sebanyak 148 desa di daerah ini pada 2021 mendapatkan DD Rp123,16 miliar meningkat dibandingkan dengan pada 2020 yang Rp122,88 miliar.

Dari ADD Rp123,16 miliar tersebut, ia mengatakan, setiap desa mendapatkan Dana Desa paling sedikit Rp600 juta dan paling banyak Rp1,5 miliar.

Penghitungan pembagian DD untuk setiap desa dari 148 desa di daerah ini, berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah penduduk miskin dan rasio indeks kesulitan geografis.***1***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021