Mukomuko (Antara) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memfungsikan terminal Kelurahan Koto Jaya pada 2015.  

"Pada 2015 Terminal Koto Jaya akan difungsikan. Seluruh mobil angkutan orang dan barang dari dan luar daerah itu harus masuk dalam terminal," kata Kabid Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko Aman Setiawan di Mukomuko, Kamis.

Terminal yang terletak di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko, itu dibangun pada 2010 oleh pemerintah pusat. Sejak dibangun sampai sekarang terminal tersebut belum berfungsi layaknya sebagai terminal.

Menurutnya, meskipun terminal tersebut pernah berfungsi, tetapi hanya sebentar. Setelah itu terminal kembali sepi seperti sekarang.

Sebelum terminal itu berfungsi, katanya, instansi itu siap siaga dari sekarang mendata jumlah mobil travel. Meskipun mobil travel bukan kendaraan umum tetapi aktivitasnya angkutan orang.

"Pada dasarnya mobil itu harus plat kuning.  Karena angkutan orang makan akan kami bina," ujarnya.

Selain itu, ia mengajak, para pengusaha angkutan orang dan barang di daerah itu merealisasikan terminal di daerah itu agar terminal berfungsi layaknya terminal lain.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga telah menyurati Organda. Dan mengenai masalah ini akan dibahas kembali dengan Organda yang memiliki keanggota pengusaha angkutan orang dan barang.

"Kami berharap Organda ikut serta meramaikan terminal di Kelurahan Koto Jaya tersebut," ujarnya.

Terkait gedung dan fasilitas terminal yang rusak, katanya, saat ini sedang dalam proses rehab dan akhir tahun ini selesai. Bagian yang rusak di terminal itu, yakni atap, plapon, dana beberapa pintu loket dan pintu toilet.

"Sebesar Rp109 juta anggaran untuk merehab gedung dan fasilitas yang rusak tersebut," ujarnya lagi$

Jalan yang masih rusak dalam terminal di daerah itu, katanya, tugas dari Dinas Pekerjaan Umum yang membangunnya.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014