Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023 dengan kategori kota sangat inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bengkulu Gita Gama Raniputera menyebutkan, inovasi dari segi kuantitas yang diikuti oleh Pemkot Bengkulu sebanyak 221 inovasi.
 
Dengan meraih penghargaan sebagai kota sangat inovatif, ini merupakan dedikasi pemerintah untuk Kota Bengkulu tercinta," kata dia di Kota Bengkulu, Rabu.
 
Untuk inovasi unggulan, Pemkot Bengkulu memilih sistem layanan administrasi warga elektronik (Slawe) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di wilayah tersebut
 
Kemudian gerakan sedekah Rp2,000 yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga honorer dan lainnya di Pemkot Bengkulu.
 
Pada penghargaan IGA 2023 tersebut, terang dia diserahkan pada 95 pemerintah daerah yang terbagi dalam 11 kategori dan pemkot satu-satunya yang mendapat penghargaan IGA di Provinsi Bengkulu.
 
Sementara itu, keunggulan program SLAWE yaitu masyarakat tidak perlu mengantri dalam mengurus surat surat penting, sebab warga dapat mengakses dari rumah dan di mana pun, terkait dengan dokumen, dapat dicetak sendiri, diantarkan oleh petugas ke rumah bahkan kantor.
 
Sedangkan untuk program sedekah Rp2.000, dinilai menjadi solusi dalam mengakomodir berbagai keluhan masyarakat secara cepat, sebab dana yang terkumpul dari gerakan tersebut dapat membantu warga yang membutuhkan.
 
IGA adalah sebuah ajang kompetisi inovasi tingkat nasional yang dilakukan oleh Kemendagri RI.
 
Untuk penilaian dan pemberian penghargaan IGA dilakukan untuk memberikan motivasi kepada pemerintah daerah (pemda) agar meningkatkan inovasi terutama dalam hal pelayanan terhadap masyarakat, mendorong penerapan "good governance", meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah.
 
Selanjutnya, tujuan utama IGA yaitu memberikan penghargaan terhadap pemerintah yang dinilai berhasil menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah secara transparan dalam upaya peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023