Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada 2024 melakukan peremajaan delapan paket calon induk ikan agar benih ikan yang dihasilkan berkualitas dan produksinya meningkat.

"Delapan paket itu calon induk ikan, lalu kami merawat dua sampai tiga bulan untuk menjadi induk ikan," kata Kabid Perikanan Budi Daya Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Fitra Juliatmi di Mukomuko, Bengkulu, Jumat.

Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapat dana alokasi khusus (DAK) perikanan sebesar Rp64 juta untuk pengadaan delapan paket calon induk ikan.

Ia mengatakan sebanyak delapan paket calon induk ikan ini untuk Balai Benih Ikan (BBI) yang berada di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Mukomuko.

Sebanyak delapan paket calon induk ikan tersebut terdiri atas 400 ekor calon induk ikan atau satu banding tiga jantan dan betina.

Ia menjelaskan dari delapan paket calon induk ikan tersebut, mayoritas calon induk ikan nila, hanya sebanyak 10 pasang calon induk ikan lele per paket dari sebanyak delapan paket.

"Yang kita beli nanti itu baru calon induk ikan, selanjutnya kami merawatnya selama dua hingga tiga bulan untuk menjadi induk ikan di BBI daerah ini," ujarnya.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan pengadaan delapan paket calon induk ikan, ia mengatakan saat ini kegiatan pembelian induk ikan tersebut masih dalam proses survei.

Pembelian delapan paket calon ikan ini dilakukan dengan pemilihan pihak ketiga bukan dengan sistem e-katalog.

Kendati demikian, ia mengatakan karena batas waktu penandatanganan kontrak kerja kegiatan yang bersumber dari DAK tanggal 22 Juli, maka pelaksanaannya harus berjalan sebelum itu.

Sedangkan, pembelian sebanyak delapan paket calon induk ikan langsung kepada pihak atau usaha yang mengantongi sertifikat Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024