Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah melakukan proses pengadaan 9.424 setel seragam sekolah gratis untuk pelajar tingkat SD dan SMP sederajat di wilayah itu.

Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong Noprianto saat dihubungi di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan program bantuan seragam sekolah gratis di daerah tersebut selain akan diberikan kepada siswa kelas I SD dan kelas VII SMP juga akan diberikan kepada siswa kelas I madrasah Ibtidaiyah (MI) serta kelas VII madrasah Tsanawiyah (MTs).

"Saat ini sudah ditayangkan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Rejang Lebong, sudah proses tender," kata dia.

Dia menjelaskan pengadaan seragam sekolah gratis ini dilakukan oleh rekanan yang berasal dari perusahaan konveksi dari Jawa mengingat jumlahnya lebih dari 9.000 setel.

"Karena jumlahnya cukup banyak dan waktunya terbatas, kita kerja sama dengan penyedia konveksi dari Jawa. Karena, mereka punya kapasitas produksi yang besar," terangnya.

Seragam sekolah gratis, kata dia, ditargetkan pada November nanti sudah selesai dan pada awal Desember sudah bisa dibagikan kepada pelajar yang akan menerimanya.

Dinas Dikbud Rejang Lebong pada pembahasan APBD pada Tahun 2024, mengajukan anggaran program pengadaan seragam sekolah gratis dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024 sebesar Rp2,3 miliar.

Pengadaan bantuan seragam sekolah gratis Tahun Ajaran 2024/2025, berdasarkan data Dapodik yang dimasukkan pada 31 Agustus 2024 akan dibagikan kepada pelajar tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang ada di wilayah itu sebanyak 9.424 siswa.

Adapun rincian calon penerima bantuan seragam gratis ini berdasarkan data Dapodik Kabupaten Rejang Lebong mencapai 8.424 siswa, terdiri atas siswa SD sebanyak 4.392 siswa dan siswa SMP 4.032 siswa.

Sedangkan data siswa MI dan MTs negeri dan swasta yang diserahkan Kemenag Rejang Lebong kepada Dinas Dikbud kurang lebih 1.000 siswa, sehingga total pengadaan seragam gratis yang akan diadakan tahun 2024 sebanyak 9.424 setel.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024