Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengatakan realisasi induk sapi bunting melalui program Upaya Khusus Indukan Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab) hingga bulan Juli 2019 sebanyak 1.251 ekor, atau sebesar 119,14 persen yang melebihi  target sebanyak 1.050 ekor.

“1.251 ekor induk sapi bunting di daerah ini baik dengan cara inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik dan kawin alam,” kata Kapala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Baca juga: Koperasi di Mukomuko dapat bantuan mesin pembuatan abon

Ia menyebutkan hal itu berdasarkan data pencapaian target kegiatan Upsus Siwab di daerah ini hingga bulan Juli 2019 yang terdiri dari kegiatan inseminasi buatan (IB), induk sapi bunting dan lahir.

Pemerintah setempat menargetkan tahun ini sebanyak 1.500 ekor induk sapi milik warga masyarakat setempat yang menjadi sasaran kegiatan inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik.

Kemudian sebanyak 1.050 induk sapi yang ditargetkan bunting baik melalui kawin suntik maupun kawin alam pada tahun ini lalu sebanyak 840 ekor induk sapi yang melahirkan tahun ini.


Baca juga: Mukomuko usulkan pelepasan tanah pengembangan taman kota

Dari tiga kegiatan Upsus Siwab tahun ini, baru kegiatan induk sapi bunting yang melebihi dari target yang ditetapkan tahun ini, sedangkan jumlah induk sapi yang menjadi sasaran program IB hingga bulan Juli 2019 sebanyak 828 ekor, atau 55,20 persen dari target sebanyak 1.500 ekor.

Kemudian realisasi induk sapi yang melahirkan melalui program Upsus Siwab hingga bulan Juli 2019 sebanyak 547 ekor, atau sekitar 65,12 persen dari target yang ditetapkan sebanyak 840 ekor.

Petugas peternakan dan kesehatan hewan Dinas Pertanian setempat akan terus memberikan pelayanan kesehatan berupa kawin suntik atau inseminasi buatan gratis terhadap hewan ternak milik warga di daerah tersebut.

Ia menargetkan, kegiatan inseminasi buatan atau kawin suntik induk sapi dan sapi lahir melalui program Upsu Siwab melebihi dari target yang telah ditetapkan dalam tahun 2019.

Baca juga: Sekda berharap sistem interkoneksi listrik di Mukomuko
Baca juga: Mukomuko segera bangun gudang perikanan
Baca juga: PLN Mukomuko kelebihan daya listrik untuk pelanggan
Baca juga: 9.217 keluarga miskin Mukomuko terima BPNT sekitar September

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019