Kamis, 19 Oktober 2017

Dua Rafflesia Arnoldii Mekar Di Bengkulu Tengah

id Rafflesia Arnoldii
Dua Rafflesia Arnoldii Mekar Di Bengkulu Tengah
Rafflesia Arnoldii (Foto Antarabengkulu.com/David)
Bengkulu (Antara) - Dua kuntum bunga Rafflesia arnoldii mekar sempurna di kawasan hutan lindung Bukit Daun di Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

"Kami temukan dua kuntum bunga mekar sempurna hanya dalam jarak 1,5 meter," kata Tomi, warga Desa Taba Teret, Kecamatan Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, Selasa.

Lokasi bunga mekar berada di jalur lintas Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kepahiang sekitar 46 kilometer dari Kota Bengkulu.

Sementara lokasi bunga hanya berjarak 20 meter dari badan jalan raya tersebut dan warga sudah menyediakan jalan setapak untuk memudahkan pengunjung.

"Pengunjung tidak akan kesulitan karena kami sudah membuat jalur setapak menuju lokasi bunga," ujarnya.

Pihaknya juga telah mendirikan posko penjagaan bunga rafflesia tersebut di tepi jalan. Bunga yang menjadi ikon Provinsi Bengkulu itu dijaga selama 24 jam sebab rawan pencurian dan pengrusakan.

Tomi menambahkan bahwa bunga langka berdiameter 80 centimeter itu sudah mekar selama tiga hari dan diperkirakan masih dapat dinikmati hingga empat hari ke depan.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan mengatakan sudah sembilan bunga Rafflesia sp yang mekar selama Januari 2017.

"Dua lokasi yang paling banyak terdapat rafflesia mekar yakni di Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara," ucapnya.

Kawasan Hutan Lindung Bukit Daun dan Cagar Alam Taba Penanjung I dan II yang terdapat di Kabupaten Bengkulu Tengah termasuk habitat bunga Rafflesia arnoldii.

Sedangkan kawasan hutan lindung Bukit Daun di wilayah Bengkulu Utara merupakan habitat Rafflesia gadutensis.

Bunga Rafflesia arnoldii merupakan spesies dari genus Rafflesia yang memiliki diameter terbesar dari tiga spesies lain Rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu yakni Rafflesia gadutensis, Rafflesia bengkuluensis, dan Rafflesia hasselti.***4***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga