Selasa, 17 Oktober 2017

Bank Bengkulu Layak "Go Public"

id Bank Bengkulu
Bank Bengkulu Layak
Bank Bengkulu (Foto Antarabengkulu.com/Boyke LW)
Bengkulu (Antara) - Otoritas Jasa Keuangan menilai bank daerah Provinsi Bengkulu yakni Bank Bengkulu sudah layak untuk menjadi perusahaan publik (go public).

Kepala Kantor OJK Perwakilan Provinsi Bengkulu Yan Syafri di Bengkulu, Rabu, menyebutkan, Bank Bengkulu memiliki rekam jejak yang cukup bagus dari sisi finansial maupun manajemen.

"Untuk go public bukan diukur dari besar kecilnya perusahaan, tetapi bagaimana dia menjual perusahaan (di pasar modal)," kata Yan.

Jika menjadi perusahaan go publik, Yan mengatakan bank daerah tersebut bisa leluasa mendapatkan pembiayaan yang lebih baik melalui pasar saham.

Dengan modal dan aset perusahaan yang besar Bank Bengkulu akan lebih mudah melebarkan layanan perbankannya, bahkan tidak menutup kemungkinan mampu membangun unit usaha di luar Provinsi Bengkulu.

Contoh perbankan daerah yang telah go publik lanjut Yan, seperti Bank Jabar Banten dan Bank Jatim, keduanya kini tidak hanya melayani nasabah dalam provinsi saja tetapi sudah menjangkau provinsi lainnya.

"Misalnya pada awal go publik, Bank Bengkulu mampu menjual 500.000 lembar saham dengan nilai Rp1.000 per lembarnya, artinya sudah mendapatkan dana segar Rp500 juta," kata dia lagi.

Walaupun memenuhi kualifikasi, namun Bank Bengkulu belum berencana untuk melempar saham mereka ke pasar modal, saat ini mayoritas saham masih tetap dipegang oleh pemerintah daerah dan beberapa perorangan lainnya.***3***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga