Kamis, 19 Oktober 2017

Rafflesia Gadutensis Dan Arnoldii Mekar Di Bengkulu

id Rafflesia, Gadutensis, Rafflesia arnoldii
Rafflesia Gadutensis Dan Arnoldii Mekar Di Bengkulu
Warga menikmati Rafflesia Arnoldii yang mekar. (david muharmansyah)
Bengkulu (Antara) - Dua jenis bunga rafflesia yakni Rafflesia gadutensis dan Rafflesia arnoldii ditemukan mekar di dua lokasi berbeda di wilayah hutan Provinsi Bengkulu.

"Satu bunga Rafflesia arnoldii dengan diameter mencapai 80 sentimeter mekar di hutan sekitar Desa Manau IX, Kabupaten Kaur," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan bunga Rafflesia Arnoldii yang ditemukan mekar oleh kelompok pemuda Desa Manau IX itu dapat dinikmati hingga tiga hari ke depan.

Pengunjung yang ingin menyaksikan keunikan bunga langka itu dapat menghubungi anggota KPPL Bengkulu atau komunitas pemuda peduli rafflesia Desa Manau IX Kecamatan Padang Guci.

"Lokasi bunga ada di hutan hulu sungai Cawang Kidau jadi pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri," kata Koordinator Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka Nopri Anto saat dihubungi dari Bengkulu.

Sementara satu bunga lainnya, Rafflesia Gadutensis ditemukan anggota KPPL Bengkulu Utara di hutan lindung Boven Lais di Kabupaten Bengkulu Utara.

"Bunga mulai membuka kelopaknya, kami perkirakan mekar sempurna dua hari ke depan," kata Koordinator KPPL Bengkulu Utara Septian Riki.

Bunga Rafflesia gadutensis memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan Rafflesia arnoldii, dengan diameter sekira 50 sentimeter.

Septian mengatakan bunga tersebut akan dijaga oleh anggota komunitas sebab di lokasi itu rawan terjadi perusakan bunga langka dilindungi.

Selain jenis Rafflesia arnoldii dan gadutensis, dua jenis rafflesia lainnya yang teridentifikasi di hutan Bengkulu yakni Rafflesia Bengkuluensis dan Rafflesia Hasselti.***3***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga